NALAR BARU GERAKAN PEMUDA MUHAMMADIYAH, MENJADI TEMA POKOK DALAM DIALOG PENGKADERAN YANG DISELENGGARAKAN OLEH PIMPINAN WILAYAH PEMUDA MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



Nalar baru gerakan pemuda muhammadiyah, menjadi tema pokok dalam dialog pengkaderan yang diselenggarakan oleh pimpinan wilayah pemuda muhammadiyah daerah istimewa yogyakarta. Penggunaan istilah nalar baru merupakan pemaknaan dari gerakan tazdid.

Seiring perubahan zaman, berubah pula tantangan dakwah islam yang akan dihadapi. Dalam hal ini pemuda muhammadiyah diharapkan mampu menawarkan perubahan-perubahan yang positif untuk gerakan islam kedepan. Kontektualisasi dakwah yang baru pada era sekarang, juga model-model dakwah yang baru yang mampu ditawarkan kepada masyarakat, dengan semangat paradigma baru serta nalar yang baru pula.

Esensi nalar baru yang berkemajuan dalam pandangan danhil, terletak pada kemampuan menampilkan karakter islam yang sesungguhnya.

Danhil juga menambahkan, muhammadiyah harus masuk pada fase kedua yaitu melakukan pembaharuan, yang dimotori oleh pemuda muhammadiyah.