AISYIYAH MAUPUN MUHAMMADIYAH MERUPAKAN ORGANISASI SOSIAL YANG MEMILIKI PERAN MENJADIKAN MASYARAKAT YANG LEBIH ISLAMI DAN BERKEMAJUAN



Baik aisyiyah maupun muhammadiyah merupakan organisasi sosial yang memiliki peran menjadikan masyarakat yang lebih islami dan berkemajuan. Dalam mewujudkan masyarakat yang islami dan berkemajuan, muhammadiyah dan aisyiyah harus menghadapi beberapa tantangan.

Tantangan muhammadiyah dan aisyiyah dalam mewujudkan masyarakat yang islami dan berkemajuan tentulah tidak sederhana. Prof sunyoto usman selaku guru besar sosiologi universitas gadjah mada menyebutkan setidaknya ada tiga hal yang menjadikan harapan ini tidak sederhana untuk di wujudkan. Yaitu bertemu dengan beragam pemahan keislaman, terdapatnya beragam metode untuk sosialisasi ajaran itu baik secara konvensional seperti ceramah diskusi maupun lewat media, dan bagaimana memerankan agama.

Profesor sunyoto usman menambahkan, metode sosial ini bertemu dengan berbagai macam kepentingan sehingga sosialisasi atau dakwah ini tidak semata menyampaikan ajaran tapi juga kepentingan ekonomi, serta memerankan agama sebagai kekuatan pilitik, agama menjadi gerakan ekonomi, agama menjadi gerakan kultural dan ini sangat kompleks.