Jelang
mea atau masyarakat ekonomi asean, pendidik harus mampu meningkatkan
kemampuannya. Kemandirian pendidik, menjadi persoalan utama yang ada di indonesia.
Dalam
memasuki era masyarakat ekonomi asean atau mea, pendidik tentunya harus
memiliki kemampuan, cara berfikir, culture, dan cara bekerja yang baik. Didi
suryadi selaku guru besar universitas pendidikan indonesia mengatakan, ada satu
hal yang mendasar yang menjadi persoalan, salah satunya adalah aspek
kemandirian pendidik.
Menurut
didi, pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menumbuhkan kemandirian,
dengan guru-guru yang lebih mandiri dalam mengembangkan bahan ajar,
memanfaatkan inovasi bahkan menciptakan inovasi-inovasi pendidikan, mereka
memiliki kontribusi terhadap bagaimana memandirikan peserta didiknya. Tanpa
kemandirian pendidik, tidak mungkin peserta didik akan mandiri.
Suhaidah
tahir selaku deputy director research and development seameo recsam menambahkan
dalam mea setiap masyarakat dapat dengan
bebas bergerak di negara-negara asean.
Dengan
dibebaskannya perdagangan di asia tenggara, terutama di bidang jasa pendidik,
maka diharapkan pendidik indonesia lebih mampu menjadi pendidik yang mandiri
sehingga mampu memandirikan pelajar.