KEMANDIRIAN PENDIDIK, MENJADI PERSOALAN UTAMA YANG ADA DI INDONESIA



Jelang mea atau masyarakat ekonomi asean, pendidik harus mampu meningkatkan kemampuannya. Kemandirian pendidik, menjadi persoalan utama yang  ada di indonesia.

Dalam memasuki era masyarakat ekonomi asean atau mea, pendidik tentunya harus memiliki kemampuan, cara berfikir, culture, dan cara bekerja yang baik. Didi suryadi selaku guru besar universitas pendidikan indonesia mengatakan, ada satu hal yang mendasar yang menjadi persoalan, salah satunya adalah aspek kemandirian pendidik.

Menurut didi, pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam menumbuhkan kemandirian, dengan guru-guru yang lebih mandiri dalam mengembangkan bahan ajar, memanfaatkan inovasi bahkan menciptakan inovasi-inovasi pendidikan, mereka memiliki kontribusi terhadap bagaimana memandirikan peserta didiknya. Tanpa kemandirian pendidik, tidak mungkin peserta didik akan mandiri.

Suhaidah tahir selaku deputy director research and development seameo recsam menambahkan  dalam mea setiap masyarakat dapat dengan bebas bergerak di negara-negara asean.

Dengan dibebaskannya perdagangan di asia tenggara, terutama di bidang jasa pendidik, maka diharapkan pendidik indonesia lebih mampu menjadi pendidik yang mandiri sehingga mampu memandirikan pelajar.