KELOMPOK KKN PPM UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN, MENGGELAR BAZAR RECYCLE SAMPAH, UNTUK MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT MENGENAI PENGOLAHAN SAMPAH



Kelompok kkn ppm universitas ahmad dahlan, menggelar bazar recycle sampah, untuk memberdayakan masyarakat mengenai pengolahan sampah. Aksi ini melibatkan dinas pariwisata, komunitas gardu action dan, warga masyarakat.

Kelompok kkn ppm universitas ahmad dahlan, bekerja sama dengan dinas pariwisata bantul, komunitas gardu action, dan masyarakat dusun mancingan parangtritis, menggelar bazar recycle sampah. Aksi ini mengusung tema, pemberdayaan masyarakat parangtritis dalam pengelolaan sampah. Acara tersebut dilaksanakan di pantai parangtritis yogyakarta.

Hasil kreasi olahan sampah, ditampilkan dalam bazar kali ini. Antara lain, tas dan dompet, aneka bunga, sandal, dan berbagai aksesoris lainnya. Kerajinan tangan ini merupakan kolaborasi karya, antara mahasiswa kkn ppm uad, serta masyarakat setempat. Ditampilkan pula dalam kegiatan ini, dokumentasi program kegiatan kkn ppm uad, seperti penyuluhan bahaya sampah, pelatihan pembuatan bunga dari sampah, lomba mewarnai untuk anak, dan pelatihan pembuatan kompos dari bank sampah.

Penyerahan bank sampah secara simbolis, diwakili oleh dholina inang pambudi, m.pd, selaku ketua tim dosen pengembang produk recycle sampah, kepada perwakilan dinas kebudayaan dan pariwisata bantul, nyoman, s.sn. Selanjutnya, penandatanganan berkas acara dari semua pihak terkait. Turut hadir dalam acara ini, wakil rektor tiga universitas ahmad dahlan, dr. Abdul fadlil, m.t, dan ibu rina ratih dari lpm uad.

Sampah, sejatinya tidak menjadi momok, melainkan dapat dimanfaatkan menjadi barang yang lebih bernilai.