DIHARAPKAN DPR MENETAPKAN CALON-CALON PIMPINAN KPK YANG SESUAI DENGAN HARAPAN MASYARAKAT



Penetapan pimpinan baru komisi pemberantasan korupsi atau kpk akan diumumkan pada kamis 17 desember. Diharapkan dpr menetapkan calon-calon pimpinan kpk yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Komisi iii dpr ri akan mengumumkan pimpinan komisi pemberantasan korupsi atau kpk pada kamis 17 desember 2016. Sebelum diumumkan, komisi iii dpr telah menguji calon-calon pimpinan dengan uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test. Pada sidang dan pembahasan final, akan dijaring lima nama sebagai pimpinan kpk, kemudian para calon pimpinan akan di tentukan melalui rapat internal.

Zuli qodir selaku pengamat ppolitik dari universitas muhammadiyah yogyakarta mengatakan, calon-calon pemimpin kpk telah memenuhi syarat, baik  secara kapabilitas, maupun kapasitas hakim-hakim korupsi.

Zuli menambahkan, kalau yang diputuskan oleh dpr adalah yang tidak sesuai dengan harapa masyarakat, maka kepercayaan masyarakat terhadap dpr akan semakin berkurang dan secara tidak langsung ini merupakan pelemahan terhadap kpk itu sendiri.