MUHAMMADIYAH PERLU MEREAKTUALISASI KAN IDEOLOGI GERAKAN YANG BERCORAK TAJDID, REFORMIS DAN MODERNIS DALAM KEHIDUPAN YANG KOMPLEKS



Muhammadiyah merupakan gerakan yang dikenal moderat atau tengahan, dan dalam konteks ideologis menghadapi abad baru, muhammadiyah perlu mereaktualisasi kan ideologi gerakan yang bercorak tajdid, reformis dan modernis dalam kehidupan yang kompleks.

Ideologi gerakan muhammadiyah adalah sistem pemikiran dan teori perjuangan untuk mengimplementasikan ajaran islam dalam kehidupan umat, menuju terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya, melalui satu sistem gerakan yang bernama persyarikatan. Muhammadiyah dikenal sebagai gerakan tajdid, gerakan modernis, dan gerakan reformis, yang merupakan kategorisasi dari muhammadiyah.
Semangat tajdid untuk muhammadiyah adalah semangat pembaharuan.

Haedar nasir selaku ketua umum pimpinan pusat muhammadiyah menambahkan, dalam konteks ideologis menghadapi abad baru, muhammadiyah perlu mereaktualisasikan ideologi gerakan yang bercorak tajdid, reformis dan modernis itu di dalam kehidupan yang kompleks. Sehingga muncul lah pemikiran-pemikiran muhammadiyah yang aktual yaitu islam yang berkemajuan.