HALAQAH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN HISAB-RUKYAT SERTA KALENDER HIJRIAH GLOBAL



Pada acara halaqah sosialisasi dan pemahaman hisab-rukyat serta kalender hijriah global , yang diadakan di kantor pimpinan pusat muhammadiyah cik ditiro yogyakarta , pranoto hidaya rusmin , menyampaikan beberapa fakta yang mendasari penyebab utama persoalan kalender umat islam  .

Penyebab utama persoalan kalender umat islam , pada kondisi saat ini ialah umat islam memiliki berbagai metode untuk penentuan awal bulan ,yang biasa  disebut dengan rukyah dan hisab , khususnya bulan ramadhan , syawal , dan dzulhijjah . Akibatnya , tanggal satu bulan baru tidak jatuh pada hari yang sama diseluruh penjuru bumi . Adapun beragam konsep penentuan  awal  bulan seperti perbedaan fiqih , yang paling sulit diselesaikan , dan juga adanya perbedaan tentang kriteria hisab . Ada beberapa fakta yang mendasari dari konsep tersebut , yang dimana fakta-fakta ini berasal dari hadis dan ayat al-qur’an . Hal ini disampaikan oleh pranoto hidaya rusmin , pada acara halaqah sosialisasi dan pemahaman hisab-rukyat serta kalender hijriah global , yang diadakan di kantor pimpinan pusat muhammadiyah cik ditiro yogyakarta .
 
Dari fakta satu dan dua dapat disimpulkan bahwa al-qur’an tidak mengandung petunjuk pembuatan kalender dengan rukyatul hilal , justru secara tegas menunjukkan cara pembuatan sistem waktu dengan hisab .